Analisis kesalahan struktur kalimat dasar pada keterampilan menulis teks wawancara peserta didik kelas iv sekolah dasar negeri tegalsari tahun pelajaran 2021/2022
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] N. Annisa, “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Sistem Daring Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri 25 Panaikang Kabupaten Bantaeng,” Ind. High. Educ., 3(1), pp. 1689–1699, 2021, [Online]. Available: http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0A
[2] U. Khair, “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI,” AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar, 2(1), p. 81, 2018, doi: 10.29240/jpd.v2i1.261.
[3] Sagala, “Tinjauan Umum Tentang Pembelajaran,” J. Chem. Inf. Model., 1(1), pp. 1689–1699, 2013.
[4] D. Adityaningrum, S. Y. Slamet, and T. Budiharto, “Studi Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Minat Menulis dengan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, p. 14, 2021.
[5] Tarigan, “Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa,” J. Al-Bayan, 3(1), 2013.
[6] Dalman, Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016.
[7] F. Nazilah, P. D. Iswara, and A. Sudin, “Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menggali Informasi Dari Teks Wawancara Dalam Bahasa Indonesia Tulis Dengan Role Playing (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV B Mi Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang),” J. Pena Ilm., 2(1), pp. 131–140, 2017, doi: 10.23819/jpi.v2i1.9535.
[8] J. E. Prayitno, Rukayah, and J. Daryanto, “Analisis kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada teks karangan narasi peserta didik kelas v SD,” Didakt. Dwija Indria, no. 449.
[9] A. C. Syahrita, “Kemampuan Memahami Struktur Gramatikal Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII.A MTs Aisyiah Sungguminasa Kab. Gowa Skripsi,” 2017.
[10] O. Farhrohman, “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD / MI,” Primari 9(1) 2017, pp. 23–34, 2017.
[11] A. Kuntarti, “Analisis Kesalahan Kalimat Pada Skripsi Mahasiswa Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta,” Univ. Negeri Yogyakarta, pp. 1–104, 2015.
[12] A. T. Dewi and T. Budiharto, “Peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita fiksi melalui penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition ( CIRC ) pada peserta didik kelas IV sekolah dasar,” J. Pendidik. Ilm., 7(179), pp. 81–85, 2019.
[13] Iza Faridatul Husna, “Analisis Struktur Kalimat Pada Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas VIII C Mts Al-Maarif Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 2013–2015, 2020.
[14] B. Pancarrani, A. S. Ghazali, and Nurchasanah, “Kompleksitas Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV — VI Sekolah Dasar,” J. Pendidik., 3, pp. 1216–1227, 2018.
[15] F. D. A. Rosiana, “Analisis Kesalahan Struktur Kalimat dan Ejaan dalam Teks Cerita Pendek Karya Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Pakem Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017,” 2018.
[16] R. D. Wulandari, “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Concept Sentence Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar,” Kalam Cendekia J. Ilm. Kependidikan, 9(1), pp. 135–140, 2021, doi: 10.20961/jkc.v9i1.53850.
[17] M. Arfah, “Analisis Kesalahan Struktur Fungsi Sintaksis Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMPN 14 Bulukumba,” Anal. Biochem., 11(1), pp. 1–5, 2018, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0A.
[18] N. Ariningsih, S. Sumarwati, and K. Saddhono, “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas,” J. Penelit. Bahasa, Sastra Indones. dan Pengajarannya, 1(1), pp. 130–141, 2012.
Refbacks
- There are currently no refbacks.