Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Pecahan dengan Metode Demonstrasi Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
arithmetic operations with the demonstration method in fifth grade elementary school. This
type of research is classroom action research. The research was carried out at SD Negeri
Susukan 01. The subjects in this study were students of class V-A SD Negeri Susukan 01,
Ungaran Timur District, Semarang Regency, in the 2018/2019 academic year, totaling 28
children consisting of 15 boys and 13 girls. The research was carried out in the first semester
of the 2019/2020 academic year in two stages of improvement: (a) Repair of cycle 1 was
carried out on 24 and 28 September 2019 and (b) Repair of cycle 2 was carried out on October
15 and 19 2019. Based on the results of the demonstration method research very effectively
used in learning Mathematics proven to improve student learning outcomes. The average
result of the initial learning is 51.43 with a completeness rate of 28.57%, the first cycle is an
average of 74.64 with a completeness rate of 71.43%. While the average in the second cycle is
82.50 with a completeness rate of 96.43%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sugihartono 2012 Psikologi Pendidikan (Yogyakarta: UNY press)
N Sudjana 2009 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
S B Djamarah, & A Zain 2010 Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta)
W Sanjaya 2009 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses (Pendidikan. Jakarta:
Kencana)
W Kusumah dan Dedi Dwitagama 2011 Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: PT Indeks)
G Hamdu dan L Agustina 2011 Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA
di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1)
M Huda 2014 Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
D Ulandari & Sudana 2014 Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa
SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan Jurnal Mimbar PGSD Universitas Ganesa
Jurusan PGSD, 2(1)
R Wahab 2016 Psikologi Belajar (Jakarta: Rajawali Pres)
Haeriyah 2019 Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Bangun
Ruang Sederhana pada Pelajaran Matematika Prosiding Seminar Nasional Program
Pascasarjana Universitas Pgri Palembang
O Mulyono, Y Bustami, & H Julung 2017 Peningkatan hasil belajar kognitif siswa biologi
sekolah menengah pertama melalui metode demonstrasi JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi),
(2), 15-19.
N Syahputri 2018 Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 1
Menggunakan Metode Demonstrasi Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 2(1).
Z A Ranya, M Jamhari & A Rede 2013 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran
IPA Pokok Bahasan Panca Indra dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa
Kelas 1VA SDN 5 Pusungi. Jurnal Kreatif Online, 1(2).
D S Nahdi, A Y Devi, F Nurul 2018 Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui
Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2).
F Firmansyah & D Firmansyah 2018 Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita
Lucu Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa. Parole Jurnal
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(4) 585-590.
Refbacks
- There are currently no refbacks.