Strategi pendidik dalam mengembangkan peran peer group untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini di lingkungan sekolah

Serdaningtyastuti Ririn Hariani

Abstract

Abstract: This paper aims to describe the strategic approach of educators in developing the role of peer groups to improve the social development of early childhood in the school environment. The results of the discussion by streamlining the role of each group member so that group dynamics can really be realized as expected, with supervision from educators so that the expected goals are achieved. Friends can provide peace when experiencing worries. For this reason, from an early age children need to be invited to be realistic about themselves and their abilities. That's why in peer groups, children can learn the rules governing the roles of people who are equal and also learn the values of justice. Thus, the need to relate to the social environment as well as the need for achievement and self-reflection can both be satisfied.

 

Abstrak: Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan strategi pendidik dalam mengembangkan Peran peer group untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini di lingkungan sekolah. Hasil pembahasan dengan cara mengefektifkan peranan setiap anggota kelompok agar dinamika kelompok benar-benar dapat diwujudkan seperti yang diharapkan, dengan pengawasan dari pendidik sehingga tujuan yang diharapkan tercapai. Teman bisa memberikan ketenangan ketika mengalami kekhawatiran. Untuk itu, sejak dini anak perlu diajak bersikap realistis terhadap diri dan kemampuannya Karena itulah dalam kelompok sebaya, anak dapat mempelajari peraturan yang mengatur peranan orang-orang yang kedudukannya sederajat dan juga mempelajari nilai-nilai keadilan. Dengan demikian, kebutuhan untuk berhubungan dengan lingkungan sosialnya serta kebutuhan akan prestasi dan refleksi diri keduanya bisa terpuaskan.

Kata kunci : Peer Group, perkembangan sosial, anak usia dini, lingkungan sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.