Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Lari Jarak Pendek melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Titi Suwarti Titi Suwarti

Abstract

Pembelajaran lari jarak pendek di SD Negeri 2 Mlese Gantiwarno Klaten yang monoton membuat siswa-siswi merasa bosan sehingga proses dan pencapaian hasil pembelajaran kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar lari jarak pendek pada siswa kelas V SD Negeri 2 Mlese Gantiwarno Klaten Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui metode bermain. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Mlese Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui minat siswa , angket motivasi, dan lembar unjuk kerja siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata kelas dari aspek minat adalah 76,35 sehingga rata-rata minat siswa sudah melebihi 70, dengan demikian minat siswa mengalami peningkatan. Aspek unjuk kerja siswa menunjukkan nilai rata-rata 72,95, hal ini menunjukkan bahwa nilai siswa telah mencapai ketuntasan minimal yaitu 70, sehingga target 70% siswa tuntas sudah terpenuhi. Berdasarkan angket motivasi menunjukkan bahwa 64,1% anak memiliki motivasi yang baik. Siswa kelas V SD Negeri 2 Mlese pada setiap siklus mengalami peningkatan dan dengan pemberian metode bermain siswa siswi merasa senang atau merasa tertarik untuk mengikuti pembelajaran lari jarak pendek. Sehingga pembelajaran melalui metode pendekatan bermain pada materi lari jarak pendek pada siswa kelas V SD Negeri 2 Mlese telah berhasil meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Keywords

motivasi belajar, lari jarak pendek, metode bermain.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.