Peningkatan Perhatian dan Hasil Belajar PKn Materi Budi Pekerti melalui Metode Pembelajaran Talking Stick (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas I Semester 2 SDN Ngiyono Tahun Pelajaran 2015/2016)

Mashadi Mashadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perhatian dan hasil belajar PKN peserta didik kelas I semester 2 pada materi Budi Pekerti di SD Negeri Ngiyono melalui metode pembelajaran Talking Stick tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas  yang dilaksanakan dalam 2 siklus Subyek penelitian adalah peserta didik kelas I yang berjumlah 18 peserta didik yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perhatian dan hasil belajar PKN peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari pra siklus rata-rata nilai perhatian dan hasil belajar peserta didik adalah 71,11 dengan persentase ketuntasan 35,00% yang mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus I rata-rata nilai perhatian dan hasil belajar peserta didik adalah 79,44 dengan persentase ketuntasan 68,00% sedangkan pada siklus II rata-rata nilai perhatian dan hasil belajar peserta didik adalah 88,33 dengan persentase ketuntasan 96,00%. Perhatian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKN materi Budi Pekerti di kelas I semester 2 meningkat dengan penerapan metode pembelajaran Talking Stick dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sebesar 75%.

Keywords

Talking Stick, perhatian belajar, PKN, materi Budi Pekerti

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.