Upaya Peningkatkan Prestasi Belajar tentang Sistem Periodik Unsur melalui Metode KIMLA Pada Siswa Kelas X MIPA SMA
Abstract
Kurikulum nasional pembelajaran berlangsung dengan melalui Pendekatan Scientific, siswa dituntun untuk dapat menemukan materi pembelajaran dengan sendirinya. Tidak semua siswa bisa dengan mudah aktif dalam pembelajaran, karena takut bertanya, malasbahkan ada yang tidak memahami sehingga pembelajaran semakin membingungkan. Pembelajaran dengan kebiasaan siswa ingin diterangkan guru, menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil yang diperoleh kurang optimal. Kimia sering dianggap menjadi pelajaran sulit dipahami sehingga menyebabkan tidak disukai siswa. Diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga menciptakan situasi belajar bernuansa gembira yang membuat siswa asyik, nyaman dan bersemangat. Metode pembelajaran yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode pembelajaraan KIMLA, yaitu metode diskusi menggunakan lagu sebagai media dalam memperlajari Kimia. Dengan metode KIMLA diharapkan terjadi peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kimia pembelajaran Sistem periodik Unsur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ceper Klaten, pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 bulan September 2018 – oktober 2019, sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 orang putra dan 16 orang putri. Data diperoleh melalui observasi adalah pengamatan secara langsung pada saat pengambilan data aktivitas belajar siswa, dan lembar penilaian dilanjutkan analisis dari rata – rata nilai tes pratindakan, siklus 1 dan siklus II. Kriteria keberhasilan dari pemberian tindakan adalah apabila siswa memperoleh nilai minimal KKM 67, dengan persentase ketuntasan belajar 75% dari 28 peserta didik, sedangkan kriteria keberhasilan keaktifan belajar adalah 80%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan terdapat peningkatan keaktifan peserta didik menjadi 96,4% dan hasil belajar 100% tuntas dengan rata rata mencapai 79.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.