Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Rizqi Aditya Nugraha, Riyadi Riyadi, Lies Lestari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan konsep menyelesaikan soal cerita melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas pratindakan sebesar 67,1 dengan ketuntasan klasikal 27% meningkat menjadi 75,74 dengan ketuntasan klasikal 57,58% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,82 dengan ketuntasan klasikal 87,88% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas V SD N Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.