PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMENGGAMBAR MELALUI PENERAPAN MODEL MENGGENAKAN BENDA KONKRIT DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MAHASISWA PGSD

Tri Budhiharto

Abstract

Abstract. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menggambar dengan menggunakan model Menggenakan benda konkrit (Real) pada mahasiswa UNS Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa UNS Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Menggenakan benda konkrit dapat meningkatkan keterampilan menggambar pada mahasiswa UNS Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakkan, ketuntasan mahasiswa pratindakan sebesar 9,38%. Dengan nilai
rata-rata 59,41. Setelah penggunaan model Menggenakan benda konkrit pada siklus I ketuntasan mahasiswa meningkat menjadi 28,13% dengan nilai rata-rata 65,41, selanjutnya pada siklus II ketuntasan mahasiswa meningkat menjadi 90,63% dengan nilai rata-rata 80,13. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Menggenakan benda konkrit dapat meningkatkan keterampilan menggambar UNS Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019..

Refbacks

  • There are currently no refbacks.