PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Kamsiyati, Lies Lestari Hartono, Hasan Mahfud

Abstract

Abstract. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan
operasi hitung pecahan melalui penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education pada siswa kelas V di salah satu SD Negeri di Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui kegiatan
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V di salah satu SD Negeri di Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif (Milles & Huberman) yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pratindakan nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sebesar 63 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 23,08 % yang dapat mencapai KKM (≥75). Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan meningkat menjadi 80,26 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 76,92%. Pada siklus II rata-rata kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa meningkat menjadi 85,37 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 92,31%. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan pada siswa kelas V salah satu SD di Surakarta tahun ajaran 2018/2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.