PENINGKATAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Hadiyah, Yulianti

Abstract

Abstract. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bereksperimen dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas IV SDN Purwotomo No 97 Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwotomo No 97 Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen pada siswa kelas IV SDN Purwotomo No 97 Tahun Ajaran 2018/2019. Pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakkan, ketuntasan siswa pratindakan sebesar 9,38%. Dengan nilai rata-rata 59,41. Setelah penggunaan model Project Based Learning pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 28,13% dengan nilai rata-rata 65,41, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 62,5% dengan nilai rata-rata 74,63, dan pada siklus III ketuntasan siswa meningkat menjadi 90,63% dengan nilai rata-rata 80,13. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen kelas IV SDN Purwotomo No 97Tahun Ajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.