PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI MAGNET MELALUI PENERAPAN MODEL POE DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Hasan Mahfud, Sadiman

Abstract

Abstract. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman materi magnet dengan menggunakan model POE pada siswa kelas IV SDN Kleco 2 Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kleco 2 Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan validitas isi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa penerapan model Predict, Observation, Explanation dapat meningkatkan pemahaman materi magnet pada siswa kelas IV SDN Kleco 2 Tahun Ajaran 2018/2019. Pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakkan,ketuntasan siswa pratindakan sebesar 25%. Dengan nilai rata-rata 54,15. Setelah penggunaan model Predict, Observation, Explanation pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 65% dengan nilai rata-rata 70, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan nilai ratarata 81.15. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Predict, Observation, Explanation dapat meningkatkan pemahaman materi magnet kelas IV SDN Kleco 2 Tahun Ajaran 2018/2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.