PENGARUH MEDIA PIZZA PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DADAPAN REMBANG

istiyanto prabowo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Dadapan Rembang dengan menggunaan media Pizza Pecahan pada materi Pecahan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode dalam  penelitian ini adalah eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Dadapan. Sampel yang diambil sebanyak 25 siswa dengan menggunakan teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh atau semua anggota populasi menjadi anggota sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumen, dan observasi. Desain penelitian eksperimen yang digunakan preeksperimental design dalam bentuk one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media Pizza Pecahan meningkatkan hasil belajar matematika yang awalnya memiliki rata-rata nilai 63,4 (kurang dari KKM) maka nilai rata-rata menjadi 83,8. Hal ini terbukti pada analisis akhir pretest dengan uji paired sampel t-test t hitung > t tabel = 6,931 >2,08, oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dicapai pada pretest dengan hasil belajar yang dicapai posttest. Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru pada saat mengajar dengan menggunakan media Pizza Pecahan harus bisa mengatur alokasi waktu dalam mengajar dengan baik, supaya pembelajaran sesuai dengan tujuan dari pembelajaran yang telah ditetapkan.

 

Kata kunci : media pizza pecahan, hasil belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.