Reader Comments

Pengacara Perceraian Purwokerto

by Pengacara Purwokerto (2020-11-23)


Penasihat Hukum Pengacara Perceraian Purwokerto Jasa Pengacara Johan Purnomo & Rekan siap memberikan jasa undang-undang dalam mengatasi masalah perceraian di Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri.

Pengacara Perceraian Purwokerto yang dapat juga disebut Konsultan Hukum pada masa kini ini betul-betul dibutuhkan oleh masyakarat untuk mendampingi masyarakat pencari keadilan dalam sengketa undang-undang salah satunya Perceraian, dan masa sekarang ini kian tinggi angka perceraian.

Dikarenakan ketidak tahuannya sebagian besar pencari keadilan bagaimana prosedur dan tata cara mengajukan Gugatan Cerai ataupun permohonan Cerai Talak maka banyak masyarakat yang memakai Jasa Advokat / Pendamping Hukum. Ada beberapa alasan kenapa masyarakat mengurus perceraiannya menerapkan jasa advokat, antara lain sebab ada sebagian masyarakat yang masih awam terhadap tata tertib dan ada hal-hal yang diperjuangkan dalam perceraian seperti hak asuh anak, tuntutan nafkah, pembagian harta gono-gini.

Selain hal hal yang demikian diatas ada juga yang mengaplikasikan jasa advokat karena yang bersangkutan amat sibuk dengan aktifitasnya sehingga tidak bisa menghadiri secara rutin agenda persidangan karenanya jasa pengacara amat diperlukan oleh masyarakat. Oleh karena itu dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat yang membutuhkan jasa tata tertib dalam menyeselesaikan keadaan sulit regulasi yang dihadapi salah satunya Pengacara Perceraian Purwokerto dan sekitarnya.

Dalam bidang disiplin ilmu pengetahuan manapun, melaksanakan konsultasi atau konseling dengan orang yang spesialis di bidangnya sangatlah penting. Hal ini karena tidaklah mungkin dapat menguasai seluruh bidang disiplin ilmu secara professional dan independen, terutama sekiranya menyangkut suatu problem yang banyak menguras pikiran dan daya.

Demikian halnya dengan bidang aturan. Kalau Anda sedang menghadapi suatu dilema tata tertib dalam keluarga maupun dalam rangka pencegahan atas potensi timbulnya dilema undang-undang di kemudian hari terhadap keluarga Anda, Anda bisa mengadakan pertemuan dengan Jasa Advokat Keluarga dan Perceraian untuk menjalankan konsultasi. Tujuan menerapkan Jasa Advokat Keluarga dan Perceraian yakni mendapatkan anjuran dan nasehat peraturan atas tiap problem peraturan yang Anda hadapi, menentukan langkah-langkah dan atau perbuatan tata tertib yang akan dicapai, mendapatkan anjuran dan nasehat dari profesional.

Latar Belakang Perceraian
Cerai talak atau cerai gugat ? Cerai talak adalah permohonan ikrar cerai talak yang diajukan suami terhadap istri, sedang cerai gugat yakni gugatan cerai yang diajukan istri kepada suami.

Syarat Sahnya Perceraian
Menjawab sebuah pertanyaan apakah resmi secara aturan talak yang dilaksanakan diluar sidang Pengadilan atau cerai berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak antara suami dan istri yang dikenal pemerintahan desa, tokoh agama / tokoh masyarakat saja ?

Pasal 38 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 perihal Perkawinan menyatakan bahwa putusnya ikatan perkawinan disebabkan oleh: Kematian, Perceraian dan atas putusan pengadilan.

Berikutnya pasal 39 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 seputar Perkawinan mengucapkan bahwa Perceraian hanya bisa dilaksanakan di depan sidang pengadilan sesudah pengadilan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak.

Karenanya talak dan kesepakatan bercerai diluar pengadilan tak legal menurut undang-undang negara, akibatnya kedua belah pihak konsisten berstatus sebagai suami istri.

Syarat Pengajuan Gugat Cerai / Talak Cerai
- Foto Copy KTP Penggugat/Pemohon sebanyak 2 lembar di kertas A4 dan 1 lembarnya diberi meterai 6000, kemudian dilegalisir di Kantor Pos.

- Foto Copy Kutipan/Duplikat Akta Nikah Penggugat/Pemohon sebanyak 2 lembardi kertas A4, dan 1 lembarnya diberi meterai 6000 kemudian dilegalisir di Kantor Pos.

- Jika Termohon/Tergugat tidak diketahui tempat tinggalnya selama 2 tahun atau lebih, maka Pemohon/Penggugat melampirkan surat Surat Keterangan Ghoib dari Kelurahan/Kepala Desa tempat tinggal Termohon/Tergugat terakhir.

- Menyerahkan surat gugatan/permohonan sebanyak 8 rangkap (kertas A4).

- Bagi pihak Penggugat/Pemohon yang Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau anggota TNI/POLRI, harus melampirkan surat izin bercerai dari atasannya.

- Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank yang jumlahnya sesuai dengan taksiran Petugas).

- Bagi pihak yang menggunakan Kuasa Hukum,seperti Advokat/Pengacara harus melampirkan surat kuasa khusus dan Foto Copy Kartu Advokat serta Berita Acara Sumpah yang masih berlaku masing-masing 1 lembar, serta membayar PNBP.

- Bagi pihak yang menggunakan Kuasa Insidentil, harus menyertakan surat Izin dari Ketua Pengadilan Agama dan membayar PNBP.

Kemana Perceraian Diajukan?
Perkawinan yang dikerjakan secara agama Islam, maka diajukan kepada Pengadilan Agama, sedang bagi agama selain Islam diajukan ke Pengadilan Negeri oleh Pengacara Perceraian Purwokerto.

Tarif Jasa Pengacara Perceraian Purwokerto
Mengenai tarif jasa Pengacara Purwokerto untuk masalah gugatan cerai sampai saat ini tak ada patokan yang dijadikan baik oleh pemerintah ataupun organisasi advokat. Dikantor kami mengenai biaya jasa advokat dapat didiskusikan secara terbuka dengan Tim Advokat kami, namun sebagai berita permulaan sebagai dasar penentuan biaya jasa Advokat akan dipengaruhi oleh :

  • Tingkat kesusahan perkara;
  • Kecakapan ekonomi klien;
  • Kesepakatan;

Proses Perceraian
Lama waktu pelaksanaan perceraian bisa berlangsung cepat atau lambat tergantung dari kondisi para pihak, namun pada biasanya bisa berlangsung sampai 6 bulan. Adapun hal-hal yang membuat pengerjaan perceraian menjadi lama diantaranya:

Tempat tinggal para pihak; Apabila salah satu pihak bertempat tinggal diluar kota, karenanya diperlukan waktu selama dua minggu agar surat panggilan dikirimkan secara patut. Seandainya tergugat bertempat tinggal diluar negeri karenanya pemeriksaan sidang perceraian ditetapkan sekurang-kurangnya enam bulan semenjak gugatan diregistrasikan.

Kehadiran para pihak; Bila tergugat tidak pernah hadir dalam tiap persidangan, maka dipastikan putusan perceraian akan berlangsung cepat sekitar 2-3 kali persidangan. Beda jika kedua belah pihak hadir dalam tiap persidangan sebab kedua belah pihak akan diberi kans untuk menyelesaikan jenjang mediasi, jawab-menjawab dan pembuktian.

Kedisiplinan; Kedisiplinan para pihak ikut serta mempertimbangkan lama waktu progres perceraian, contohnya tak hadir pada jadwal sidang yang ditentukan atau tidak siap menghadirkan saksi-saksi pantas jadwal ditetapkan sehingga sidangpun diundur.

Tahapan Pengajuan Cerai Di Pengadilan
Melengkapi berkas-berkas :
Membuat gugatan cerai;
Mendaftarkan gugatan di Pengadilan, membayar biaya panjar perkara;
Menunggu pemberitahuan jadwal sidang;
Menghadiri persidangan;
Mempersiapkan bukti-bukti dan saksi-saksi;

Tahapan Proses Persidangan
Persidangan kelengkapan berkas-berkas, pembacaan gugatan dan upaya perdamaian melalui mediasi;

  • Sidang hasil mediasi;
  • Sidang Jawaban Tergugat/Termohon;
  • Sidang replik Penggugat/Pemohon;
  • Sidang duplik Tergugat/Termohon;
  • Sidang pembuktian Penggugat/Pemohon;
  • Sidang pembuktian Tergugat/Termohon;
  • Sidang konklusi/kesimpulan;
  • Sidang Putusan;

Pertanyaan Umum Seputar Perceraian
Bagaimana bila buku nikah asli hilang ?
Bagi yang beragana Islam silahkan datang ke kantor KUA untuk meminta Duplikat Akta Nikah. Sedangkan selain Islam, silahkan datang ke Kantor Catatan Sipil.

Suami atau istri telah pergi dan tidak diketahui alamatnya lagi, apakah bisa bercerai ?
Bisa, akan dilakukan pemanggilan melalui media massa.

Suami atau istri tidak hadir dalam persidangan, apakah bisa bercerai?
Bisa.

Apakah boleh membawa saksi anggota keluarga ?
Boleh untuk alasan diajukan perceraian disebabkan pertengkaran/cek-cok yang terus menerus.

Alasan untuk boleh bercerai apa saja?
1). Salah satu pihak berbuat zina atau menjadi pemabuk, pemadat, penjudi dan lain sebagainya yang sukar disembuhkan;
2). Salah satu pihak meninggalkan pihak lain selama 2 (dua) tahun berturut-turut tanpa izin pihak lain dan tanpa alasan yang sah atau karena hal lain diluar kemampuannya;
3). Salah satu pihak mendapat hukuman penjara 5 (lima) tahun atau hukuman yang lebih berat setelah perkawinan berlangsung
4). Salah satu pihak melakukan kekejaman atau penganiayaan berat yang membahayakan pihak lain;
5). Salah satu pihak mendapat cacat badan atau penyakit dengan akibat tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami atau isteri;
6). Antara suami dan isteri terus menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga;
7). Suami melanggar taklik talak;
8). Peralihan agama atau murtad yang menyebabkan terjadinya ketidakrukunan dalam rumah tangga;

Bisakah seorang ayah mendapatkan hak asuh anak setelah bercerai ?
Bisa, tapi untuk anak dibawah 12 tahun secara otomatis dalam pemeliharaan ibunya.

Bagaimana cara mengambil akta cerai bila saya masih berada diperantauan ?
Silahkan hubungi Pengadilan Agama setempat atau serahkan semua tugas pada pengacara perceraian purwokerto.

Apakah bila ingin mengajukan perceraian bisa diwakilkan dan siapa yang bisa mewakili ?
Bisa. Advokat/Pengacara atau keluarga dekat.

Bisakah Pengadilan Agama mengesahkan nikah siri / dibawah tangan ?
Bisa, asalkan pernikahan tersebut telah memenuhi rukun dan syarat menurut hukum Islam dan tidak ada ikatan dengan perkawinan lainnya.

Hubungi Pengacara Perceraian Purwokerto
Untuk mendapatkan informasi secara terperinci, jangan segan untuk menghubungi kami melalui Call WhatsApp atau Chat WhatsApp terlebih dahulu ke 085-6260-1515 dengan senang hati kami akan memberikan penjelasan kepada anda. Kami akan hubungi anda secepatnya.