E - COMIC BASED ON THE CANVA APPLICATION WITH ENUMERATION RULES MATERIAL FOR 3RD GRADE HIGH SCHOOL

Khairunnisa Kusumananda, Faatihah Nurul Hidayah, Yuli Bangun Nursanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Comic berbasis aplikasi Canva sebagai media pembelajaran untuk materi kaidah pencacahan pada siswa SMA kelas 12. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka, di mana studi literatur tentang penggunaan mediapembelajaran interaktif dalam konteks pendidikan matematika dipertimbangkan secara mendalam. Penggunaan E-Comic berbasis Canva dipilih sebagai metode inovatif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi kaidah pencacahan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang efektif dan menarik dalam pembelajaran matematika di tingkat SMA.

Keywords

E-Comic, Canva, Kaidah Pencacahan, SMA Kelas 12, Media Pembelajaran Inovatif.

Full Text:

PDF

References

Anisah, G. (2021). Kerangka Konsep Assessment of learning, assessment for learning, dan assessment

as learning serta penerapannya dalam pembelajaran. Jurnal pendidikan dan kajian keislaman.

(2).

Juhariyah. Assesmen konten isi bidang studi.

Pertiwi, A.D., Nurfatimah, S.A., Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi

student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal pendidikan Tambusai

-8848.

Rahmawati, I.L., Hartono, & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan asesmen formatif untuk

meningkatkan kemampuan Self-Regulation siswa pada tema suhu dan perubahannya, USEJ 4(2).

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Sudiyanto, Kartowagiran, B., Muhyadi. (2015). Pengembangan model Assessment as learning

pembelajaran akutansi di SMK. 189-201. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep

Yulianto, H., Iryani. (2023). Pendampingan asesmen pemnbelajaran dalam implementasi kurikulum

merdeka pada SMAN 13 Takalar. 488-503. http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/tomaega

Refbacks

  • There are currently no refbacks.