ETNOMATEMATIKA PADA GAMELAN JAWA (KENONG DAN GONG)

Divia Virda Kurnia

Abstract

Etnomatematika merupakan studi lintas-budaya tentang praktik matematika yang bertujuan untuk mengungkap, memahami, dan menghargai keberagaman konseptualisasi dan aplikasi matematika dalam berbagai latar budaya. Salah satu aspek budaya yang memiliki
keterkaitan erat dengan matematika adalah gamelan, alat musik tradisional yang kompleks dan beragam. Gamelan tidak hanya sekadar seni pertunjukan, tetapi juga mengandung unsur-unsur matematika yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika yang terkandung dalam dua instrumen gamelan Jawa, yaitu kenong dan gong, serta memahami bagaimana matematika tertanam dalam tradisi dan pembuatan instrumen tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan dari penelitian langsung ke lapangan terkait gamelan Jawa, khususnya kenong dan gong. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kenong dan gong, sebagai bagian dari ansambel gamelan Jawa, tidak hanya menghasilkan melodi yang memukau, tetapi juga mengungkapkan rahasia tersembunyi dalam pola-pola geometris dan aritmatika yang menjadi dasar pembuatan instrumen tersebut.
Matematika tertanam dalam aspek-aspek seperti bentuk, ukuran, dan pengaturan nada pada kenong dan gong, mencerminkan kearifan dan pemahaman mendalam masyarakat Jawa tentang struktur matematika. Gamelan Jawa, khususnya kenong dan gong, merupakan contoh nyata dari etnomatematika, di mana matematika tertanam dalam tradisi seni musik tradisional yang menjadi warisan budaya masyarakat Jawa. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang keterkaitan
erat antara seni, budaya, dan matematika dalam konteks gamelan.

Full Text:

PDF

References

Ardana, I Ketut. (2020). Representasi Konsep Patet Dalam Tradisi Garap Gamelan Bali. Resital Vol. 21 (1). Hal 11-28

Dewi, Agatha Feviari Kristina Dewi, dkk. (2020). Pola Barisan Aritmatika pada Pukulan Ketukan Dalam Gending Ketawang di Gamelan Yogyakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 1 (1). Hal 7-14

Hananto, Paris. (2020). Gamelan sebagai Simbol Estetis Kebudayaan Masyarakat Jawa. Jurnal Representamen, Vol 6 (01). Hal 9-19

Harista, Adhidarma, dkk. (2022). Learning Application for Introduction of Javanese Gamelan Musical Instruments Based on Android Platform. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 17 (1). Hal 35-42

Isrok’atun. (2015). Menemukan Kembali Rumus Luas Persegi Panjang dengan Konstruktivisme. Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 2(1). Hal 36-45

Iswantoro, Gatot. (2017). Kesenian Musik Tradisional Gamelan Jawa Sebagai Kekayaan Budaya Bangsa Indonesia. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, Vol 3 (1). Hal 129-143

Lubis, Sofia Indriani. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1(2). Hal 1-10

Nur, Rezky Juniarsih, dkk. Studi Etnografi pada Suku To Balo di Desa Bulo Bulo Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru Sulawesi Selatan. Jurnal PENA, Vol.3 (2). Hal 503-515

Nursulistyo, Eko. (2019). Pemanfaatan Siter, Kendang, Saron, Kenong, dan Gender Sebagai Media Pembelajaran Fisika. JRKPF UAD Vol 6 (1). Hal 5-9

Sarwoedi, dkk. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 03 (02). Hal 171-176

Wahyudin. Etnomatematika Dan Pendidikan Matematika Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia ISBN:978-602-6258-07-6. Hal 1-19

Widiawati,dkk. (2018). Desain Pembelajaran Garis dan Sudut dengan Konteks Pagar Buluh di Kelas VII. Journal of Mathematics Science and Education, Vol. 1 (1). Hal 118-130

Wiyati, Sri Wahyu, dkk. (2023). Gong Dalam Budaya Masyarakat di Indonesia. Journal of Music Science, Technology, and Industry Vol. 6 (1). Hal 19-30

Refbacks