International Research Trends of Gamification in Elementary School: Analisis Bibliometrik
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren penelitian internasional yang berhubungan dengan gamifikasi di lingkungan Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis sistematis kuantitatif research dengan teknik analisis bibliometric. Data penelitian diperoleh dari 2.285 artikel publikasi yang terindeks scopus mengenai gamifikasi di lingkungan Sekolah Dasar dari tahun 2012 hingga tahun 2024 yang diperoleh dengan menggunkaan analisis kata kunci, Analisis bibliometric pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi VOSviewer dan RStudio. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian mengenai Gamifikasi di lingkungan Sekolah Dasar pada tahun 2012-2024 terus mengalami peningkatan jumlah publikasi pada setiap tahunnya. Negara yang paling banyak melakukan sitasi mengenai penelitian gamifikasi adalah USA yakni sebanyak 6.090 sitasi. Jurnal yang paling banyak melakukan publikasi adalah Jurnal Sustainability (Switzerlandz), kemudian artikel yang paling banyak disitasi adalah artikel publikasi karya Seaborn K yakni sebanyak 1.389 sitasi. Untuk Penulis yang paling aktif melakukan publikasi artikel yakni Isotani S dan Segura-Robles A yakni masing-masing sebanyak 14 artikel. Kemudian untuk negara yang paling banyak melakukan publikasi penelitian adalah Spanyol yakni sebanyak 445artikel publikasi. Kolaborasi penelitian banyak terjadi antara satu peneliti dengan peneliti yang lain, dalam tema gamifikasi ini terjalin delapan jaringan kolaborasi peneliti dan tiga negara mendominasi dalam jaringan kolaboasi antar negara ini yakni Spanyol, US dan UK. Trend tema penelitian yang berpotensi besar untuk penelitian selanjutnya yakni gamifikasi dihubungkna dengan elektronik learning dan students seperti pendidikan berbasis teknologi, media pendidikan, ICT, chatbot, dan lain sebagainya.
Keywords
Gamification, Primary Education, Bibliometric Analysis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.