Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal (Burita-Berbekal) di Sekolah Dasar
Abstract
Media adalah alat perantara untuk mengirimkan pesan dari pengirim ke penerima, sedangkan media pembelajaran adalah alat perantara yang digunakan oleh guru untuk mengirimkan pesan pembelajaran kepada siswa agar pembelajaran lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal (Burita-Berbekal) yang layak dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap utama yaitu: analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 013 dan SD Negeri 031 Tarakan. Pemilihan sample menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara dan observasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan uji-t. Hasil validasi ahli media diperoleh prosentase sebesar 92,86 % dengan kategori layak, sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil 95% dengan kategori layak. Kemudian hasil respon guru diperoleh skor 4,1 dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil respon siswa diperoleh skor 3,4 dengan kategori praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Burita-Berbekal yang dihasilkan layak dan praktis untuk digunakan oleh siswa SD.
Keywords
Kearifan Lokal, Minat Baca Siswa, Media Burita-Berbekal
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.