Pengaruh Media Pembelajaran Numerasi terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Berpenyebut Sama di Kelas III SDN Cilaku

Salsabiya Azki Qorialqurani, M. Taufik, A. Syachruroji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi apakah kemampuan kognitif peserta didik yang menggunakan video pembelaaran numerasi lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakanLKS. Materi pada pembelajaran yakni penjumlahan dan pengurangan berpenyebut sama di kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain uasi-eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test dan post-tes guna mengetahui kemampuan kognitif peserta didikk di kelas III. Hasil penelitian Analisis Uji Mann Whitneyy terhadap kemampuan kognitif peserta didik menghasulkan hasil Uhitung -85 < U Tabel 99, yang berarti bawa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, menunukkan baha kemampuan kognitif peserta didik di kelas eksperimen (yang menggunakan video pembelaaran numerasi lebih baik dibandingkan dengan peserta didik di kelas kontrol yang menggunakan LKS).

Keywords

Kata kunci: Video Pembelajaran, Numerasi , Kemampuan Kognitif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.