Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Materi Puisi melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas 5A SD Al Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Kemampuan mambaca pemahaman dapat membantu siswa memahami isi suatu bacaan. Namun, masih terdapat permasalahan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah model Teams Games Tournament; (2) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui model TGT. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 A SD Al Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Analisis data melalui reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model TGT dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman yang dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (b) Menyajikan informasi mengenai materi pembelajaran, (c) Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok, (d) Belajar bersama tim kelompok, (e) Melakukan turnamen, dan (f) Memberikan penghargaan; (2) model TGT dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 70,83% pada siklus I, meningkat menjadi 79,17% pada siklus II; dan pada siklus III meningkat menjadi 87,5%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.