Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Materi Puisi melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas 5A SD Al Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024

Rodatus Sofiah, Agus Susilo, Siti Komariyah

Abstract

Kemampuan mambaca pemahaman dapat membantu siswa memahami isi suatu bacaan. Namun, masih terdapat permasalahan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah model Teams Games Tournament; (2) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui model TGT. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 A SD Al Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Analisis data melalui reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model TGT dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman yang dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (b) Menyajikan informasi mengenai materi pembelajaran, (c) Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok, (d) Belajar bersama tim kelompok, (e) Melakukan turnamen, dan (f) Memberikan penghargaan; (2) model TGT dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 70,83% pada siklus I, meningkat menjadi 79,17% pada siklus II; dan pada siklus III meningkat menjadi 87,5%.

Keywords

Teams Games Tournament models, reading comprehension ability

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.