Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dengan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Dita Nofiyanti, Ngatman Ngatman, Wahyono Wahyono

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan membaca Aksara Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024 melalui penerapan model kooperatif make a match dengan media flashcard. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas IV dalam tiga siklus. Subjek penlitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunkan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Persentase nilai rata-rata aspek ketepatan menyuarakan tulisan pada siklus I yaitu 60, siklus II menjadi 73,55, dan siklus III meningkat menjadi 85,2. Nilai rata-rata aspek pelafalan pada siklus I yaitu 66,19, siklus II menjadi 72,99, dan siklus III meningkat menjadi 88,2. Nilai rata-rata aspek kelancaran pada siklus I yaitu 61,09, siklus II menjadi 67,78, dan siklus III meningkat menjadi 86,4. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca Aksara Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Make A Match, flashcards, Javanese letter reading skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.