Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Media Puzzle Pecahan dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VB SD Negeri 2 Pejagoan
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media puzzle pecahan, meningkatkan pemahaman konsep matematika, dan mengetahui kendala serta solusinya. Penelitian tindakan kelas kolaboratif dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas VB SD Negeri 2 Pejagoan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumen dan tes. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian terjadi peningkatan pemahaman konsep dengan menerapkan pendekatan RME dan media puzzle pecahan yaitu rata-rata siklus I sebesar 73,08%, siklus II sebesar 86,54%, siklus III sebesar 96,15%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan RME dengan media puzzle pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VB SD Negeri 2 Pejagoan tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.