Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dan Hasil Belajar Pecahan pada Siswa Kelas III SD

Fitriyani Nurkhotijah, Suhartono Suhartono, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media flashcard; (2) meningkatkan kemampuan numerasi; (3) meningkatkan hasil belajar; serta (4) mendeskripsikan kendala solusi saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 2 Waluyorejo. Data yang digunakan yakni kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan RME dilakukan melalui langkah-langkah: (a) memahami masalah/konteks; (b) menjelaskan masalah; (c) menyelesaikan masalah; (d) membandingkan dan mendiskusikan jawaban; serta (e) menyimpulkan; (2) kemampuan numerasi siswa meningkat pada siklus I=73,61%, siklus II=87,5%, dan siklus III=94,67%; (3) hasil belajar pecahan siswa meningkat pada siklus I=78,84%, siklus II=90,38%, dan siklus III=92,31%; (4) kendalanya yaitu siswa sulit dikondisikan. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan RME dengan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan numerasi dan hasil belajar pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Realistic Mathematics Education, flashcard, kemampuan numerasi, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.