Penerapan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas III SD Negeri Sitibentar

Kharina Indah Rastra Siwi, Wahyudi Wahyudi, Ngatman Ngatman

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: mendeskripsikan langkah penerapan model ARIAS dengan media konkret, meningkatkan hasil belajar Matematika tentang pecahan, dan mendeskripsikan kendala dan solusi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan subjek ialah guru dan siswa kelas III SDN Sitibentar. Data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Validitas menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang dilakukan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian langkah penerapan model ARIAS dengan media konkret tarhadap guru mengalami peningkatan dari siklus I = 84,10%, siklus II = 88,96%, dan siklus III = 93,75%, sedangkan terhadap siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan dari siklus I = 83,02%, siklus II = 89,03%, dan siklus III = 93,12%. Rata-rata persentase peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif Matematika pada siklus I = 81,58%, siklus II = 89,47%, dan siklus III = 94,74%. Kendala yang dialami salah satunya siswa kurang aktif dalam melakukan tanya jawab dan menanggapi hasil diskusi. Solusi yang dapat dilakukan guru yaitu dengan memberikan motivasi, stimulus, dan apresiasi kepada siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model ARIAS dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang pecahan pada siswa kelas III SDN Sitibentar tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

ARIAS, Media Konkret, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.