Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS Kelas V di SD Muhammadiyah Wonokromo 1

Khikmah Maria Ulfah, Hanum Hanifa Sukma, Min Kurniawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar kelas V yang masih kurang dan hasil belajar IPAS kelas V yang masih di bawah KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar IPAS kelas V di SD Muhammadiyah Wonokromo 1 melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Stephen Kemmis dan Mc.Taggart.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini,dilakukan dengan observasi,angket,dan tes.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif.Hasil penelitian ini,menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata motivasi peserta didik,yang sebelumnya pada saat prasiklus sebesar 57,03%,lalu meningkat di siklus I menjadi 75%,dan  di siklus II meningkat menjadi 81,2% serta peningkatan hasil rata-rata nilai IPAS peserta didik yang semula sebesar 57,62 pada saat pra siklus,lalu di siklus I menjadi 65,25 selanjutnya di siklus II menjadi 85.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning,dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPAS kelas V di SD Muhammadiyah Wonokromo 1.

Keywords

Model Pembelajaran Project Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.