Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning Mapel Matematika Kelas II SD Negeri Balirejo Tahun 2022/2023

Nani Agustin, Kirana Prama Dewi, Dheni Eka Candrawati

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, ditemukan hasil pengamatan bahwa kurangnya ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran matematika, nilai hasil belajar peserta didik masih rendah, dan metode yang digunakan sudah bervariasi akan tetapi hasil yang diperoleh belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalaui model pembelajaran project based learning. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 19 peserta didik kelas II. Instrumen yang digunakan terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I pertemuan 1 sebesar 47,37%, siklus I pertemuan 2 sebesar 63,15%. Perolehan siklus II pertemuan 1 sebesar 73,68%, siklus II pertemuan 2 sebesar 89,47% dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 42,10%, siklus I 52,63% dan meningkat pada siklus II sebesar 81,57% menunjukkan ketercapaian indikator keberhasilan sangat baik. Dapat disimpulkan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Learning outcomes; Problem Based Learning; Mathematics

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.