Penerapan Model Quantum Teaching dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V

Elok Wulansari, Wahyudi Wahyudi, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model Quantum Teaching dengan Multimedia, meningkatkan hasil belajar dan mendeskripsikan respon siswa terhadap multimedia. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Kuwayuhan yang berjumlah 21 siswa dengan 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar dengan menerapkan model Quantum Teaching dengan Multimedia. presentase hasil belajar siswa pada siklus I=88,09%, pada siklus II=88,09%, dan pada siklus III=95,23%.  Kesimpulan penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar melalui penerapan model Quantum Teaching dengan Multimedia pada Pembelajaran IPA materi perubahan suhu dan wujud benda pada siswa kelas V SDN 1 Kuwayuhan tahun ajaran 2022/2023. 

 

Keywords

quantum teaching, learning outcomes, natural science

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.