Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN Purwodadi Kecamatan Kuwarasan

Astika Rizkiana Efendi, Suhartono Suhartono Suhartono, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah Outdoor Learning, meningkatkan hasil belajar IPS, serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Subjek penelitian penelitian ialah guru dan siswa kelas V SDN Purwodadi Kecamatan Kuwarasan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS dengan metode Outdoor Learning. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus siklus I = 78,57%, siklus II = 88,09%, dan siklus III = 90,47%. Kendala yang ditemui yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran, serta adapun solusi yaitu memberi stimulus dan motivasi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Outdoor Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN Purwodadi Kecamatan Kuwarasan tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Outdoor Learning, hasil belajar, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.