Penerapan Model Cooperative tipe Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pembelajaran IPS Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada Kelas V SDN Kedungwaru tahun ajaran 2022/2023

Khoirotin Khisan, Muhamad Chamdani, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model Cooperative tipe Kancing Gemerincing, meningkatkan keterampilan sosial. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Kedungwaru yang berjumlah 31 siswa dengan 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan sosial dengan menerapkan model Cooperative tipe Kancing Gemerincing. Persentase keterampilan sosial siswa pada siklus I=73,03%, pada siklus II=83,56%, dan pada siklus III=89,12%. Kesimpulan penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan sosial melalui penerapan model Cooperative tipe Kancing Gemerincing Pembelajaran IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN Kedungwaru tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Cooperative tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips), Keterampilan Sosial, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.