Penerapan Model Problem Based Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VB SDN 2 Kebulusan
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah – langkah Problem Based Learning dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui saat proses pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VB SDN 2 Kebulusan tahun ajaran 2022/2023. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS dengan model Problem Based Learning dengan multimedia. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus I = 77,08%, siklus II = 83,33%, dan siklus III = 91,67%. Kendala yang ditemui yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada siswa kelas VB SDN 2 Kebulusan tahun ajaran 2022/2023.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.