Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi Perilaku yang Sesuai Dengan Sila Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas II SD Negeri 1 Bumirejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023

Mar'atu Sholiah, Tri Saptuti Susiani, Muhamad Chamdani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PPKn materi perilaku yang sesuai dengan sila pancasila pada siswa kelas II melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas II SD Negeri 1 Bumirejo. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pembelajaran PPKn materi perilaku yang sesuai dengan sila pancasila dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, persentase ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 76,66%, pada siklus II  sebesar 83,33%, dan pada siklus III sebesar 93,33%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar PPKn materi perilaku yang sesuai dengan sila pancasila pada siswa kelas II SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

make a match, hasil belajar, PPKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.