The Effect of Booklet Assisted CTL Model on the Creative Thinking Ability of Class IV Elementary School Students

Inarotut Tanfidiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model contextual teaching and learning berbantuan buklet terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV Sekolah Dasar. Melalui model CTL dan media booklet siswa dapat mengaitkan materi dengan lingkungan kehidupannya, dapat dilakukan secara berkelompok maupun individu. Penelitian ini kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group desain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan berpikir siswa yang diajar dengan model CTL berbantuaan buklet lebih baik daripada yang diajar dengan model ceramah (2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL lebih dari 70 (KKM). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model contextual teaching and learning berbantuan buklet terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Keywords

model contextual teaching and learning, berpikir kreatif, media buklet

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.