Penerapan Pendekatan Concrete Represetational Abstract (CRA) Pada Muatan Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

Leny Retno Indriani

Abstract

Penerapan pendekatan Concrete Repesetation Abstract (CRA) untuk meningkatkan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Ruang lingkup pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah meliputi bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, statistika dan peluang, trigonometri serta kalkulus. Tujuan literatur ini adalah untuk menunjukan penerapan pendekatan Concrete Repesetation Abstract (CRA) yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika di sekolah dasar. Concrete Repesetation Abstract (CRA) merupakan pendekatan yang mengutamakan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan membantu siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri tentang konsep matematika yang abstrak. Pendekatan Concrete Repesetation Abstract (CRA) dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap konkret,tahap repesentatif dan tahap abstrak. Penerapan pendekatan Concrete Repesetation Abstract (CRA) di sekolah dasar dapat meningkatkan pembelajaran matematika.

Keywords

pembelajaran, matematika, Concrete Representational Abstract (CRA)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.