Penerapan Literasi Sains melalui Pemanfaatan Lingkungan pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan penerapan literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 01 Pandeyan Tasikmadu Karanganyar. Objek penelitiannya adalah literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan pada pembelajaran IPA. Jenis data berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi sains pembelajaran IPA menggunakan metode Discovery Learning. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA memberikan banyak manfaat, antara lain dapat menghemat biaya; memberikan pengalaman yang nyata bagi peserta didik; peserta didik menjadi lebih aktif mengikuti pelajaran; dan peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan benda-benda dan sifatnya di lingkungan nyata. Sedangkan kendala dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar adalah guru dituntut untuk lebih kreatif dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam perencanaan dan proses belajar mengajar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.