The STEAM approach to Improve 21st Century Skills in Elementary Schools

Nurul Annisa Safitri

Abstract

Penting untuk pendidikan disiapkan agar menghasilkan manusia yang mampu menghadapi perubahan di masa depan dengan memiliki keterampilan abad 21. Upaya yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan keterampilan abad 21 salah satunya dengan menerapkan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam pembelajaran di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pendekatan STEAM, konsep keterampilan abad 21, dan hubungan pendekatan STEAM dengan keterampilan abad 21. Hasil dari penelitian ini antara lain, STEAM merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan unsur-unsur dari sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika. Keterampilan abad 21 (4C), yaitu Creativity, Critical Thinking, Collaboration, and Communication. Pendekatan STEAM dibutuhkan oleh siswa sekolah dasar sebagai upaya untuk mengembangkan keterampilan abad 21 mulai dari tingkat dasar dalam pendidikan.

Keywords

pendekatan STEAM, keterampilan abad 21, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.