The Effect of Screen Time on Learning Achievement to Fifth Grade Students of Public Elementary Schools in Kebumen Sub-District in Academic Year of 2021/2022

Kamila Fathah, Suhartono Suhartono, Muhamad Chamdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh screen time terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Kebumen pada tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan populasi 1.304 siswa dan sampel 316 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Persyaratan analisis data adalah sebaran data yang normal dan terdapat hubungan linier. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dengan batas toleransi kesalahan 5%. Analisis regresi linier menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh screen time terhadap prestasi belajar siswa. Sumbangan pengaruh tersebut sebesar 3,8% yang menunjukkan kontribusi screen time pada prestasi belajar siswa kelas V SD. Sebanyak 96,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa ada pengaruh screen time terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2021/2022.

Keywords

screen time;prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.