Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Model Scientific Reading Based Project (SRBP) Berbantuan Media Konkret
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Scientific Reading Based Project berbantuan media konkret; (2) meningkatkan keterampilan berpikir kreatif; (3) meningkatkan hasil belajar IPAS; dan (4) menganalisis kendala dan solusinya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah SRBP berbantuan media konkret, yaitu: (a) orientasi dan penggunaan media konkret, (b) scientific reading, (c) design and create, (d) progress of project, (e) analysis, dan (f) discussion and communication. (2) keterampilan berpikir kreatif meningkat dengan persentase siklus I=78,41%, siklus II=85,23%, dan siklus III=88,07%. (3) ketuntasan hasil belajar IPAS pada ranah pengetahuan meningkat, siklus I=72,72%, siklus II=84,09%, dan siklus III=90,91%. Kendala yang dihadapi guru mengalami kesulitan dalam mengkondisikan siswa dan solusinya guru memberikan teguran dan ice breaking. Disimpulkan bahwa model SRBP berbantuan media konkret dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPAS secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.