Action Learning: Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran IPAS Melalui Model Scientific Reading Based Project (SRBP)
Abstract
Kreativitas merupakan kemampuan menciptakan dan menemukan cara-cara baru, ide-ide baru yang bersifat inovatif, model pembelajaran Scientific Reading Based Project (SRBP) menekankan pada pembelajaran berbasis literasi sains dalam mengumpulkan informasi untuk menghasilkan produk. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPAS. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan responden 21 siswa kelas III SD Negeri 2 Kalirejo yang dilaksanakan selama tiga siklus. Data dikumpulkan melalui rubrik penilaian kreativitas yang terdiri dari indikator novelty, resolution, dan style. Hasil penelitian kreativitas siswa dari siklus I-III yaitu 76,05%, 81,08%, dan 87,03%. Penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) efektif dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajara. Dengan demikian, model SRBP terbukti dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPAS.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.