Education Development Perspective: The Influence of Family Environment on Educational Motivation of Buddhist Youth
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. Yusak, SupitDeisye, and Nurhayati, “Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 12, pp. 5740–5746, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i12.1262.
A. I. Irawan, N. D. Aliyah, and D. Darmawan, “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo,” Journal on Education, vol. 6, no. 3, pp. 16220–16233, 2024.
S. Nasution, “Pendidikan lingkungan keluarga,” Tazkiya, vol. 8, no. 1, pp. 115–116, 2019.
S. Cimen, F. A. Nasution, and Mokhammad Samsul Arif, Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Terpadu Melinting Lampung Timur Disusun, vol. 12, no. 2. 2020.
Hasbi Wahy, “Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama,” Jurnal Ilmiah Didaktika, vol. 12, no. 2, pp. 245–258, 2012, doi: 10.22373/jid.v12i2.451.
S. Hairiyah and S. Arifin, “Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sejak Dini,” Jurnal Kariman, vol. 8, no. 02, pp. 279–294, 2020, doi: 10.52185/kariman.v8i02.150.
R. A. Pratama, “Pengaruh Motivasi Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi ( PPAk ),” Jurnal Akuntansi dan Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 3564–3575, 2022, doi: 10.47686/jab.v8i2.534.
P. H. Ni Made and P. C. Ni Luh, “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Pada Kelas XII SMK PGRI 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2020 / 2021,” Arthaniti Studies, vol. 2, no. 1, pp. 59–64, 2021, doi: 10.5281/zenodo.5549538.
D. Ratna Sari, A. Setiawan, R. Astika, S. Susanto, and E. Sumarwan, “Menggali Makna Kalyanamitta Peran dan Konteks dalam Sigalovada Sutta dan Visuddhimagga,” Jurnal Kajian dan Reviu Jinarakkhita Jurnal Gerakan Semangat Buddhayana (JGSB), vol. 2, no. 1, pp. 20–27, Apr. 2024, doi: 10.60046/jgsb.v2i1.100.
Bikkhu Bodhi, Samyutta nikaya II Khotbah-khotbah Berkelompok Sang Buddha. Jakarta: Dhammacitta Press, 2010.
J. Andriyani, “Peran Lingkungan Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja,” At-Taujih :Bimbingan dan Konseling Islam, vol. 3, no. 1, p. 86, 2020, doi: 10.22373/taujih.v3i1.7235.
A. Z. Nurfauzan, M. Almubarak, K. Abdillah, and A. Anggraini, “Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran Siswa,” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 613–621, 2023, doi: 10.56832/edu.v2i2.198.
Y. Kotera, E. Taylor, D. Fido, D. Williams, and F. Tsuda-McCaie, “Motivation of UK graduate students in education: self-compassion moderates pathway from extrinsic motivation to intrinsic motivation,” Current Psychology, vol. 42, no. 12, 2023, doi: 10.1007/s12144-021-02301-6.
W. Prihartanta, “Teori-Teori Motivasi Prestasi,” Universitas Islam Negeri Ar-raniry, vol. 1, no. 83, pp. 1–11, 2019.
Y. L. O. Siahaan and R. I. Meilani, “Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 4, no. 2, p. 141, 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i2.18008.
A. Affan and Ghofur, “Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Pembelajaran Daring,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 5, pp. 2114–2122, 2021.
S. Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Merdeka Belajar, no. November, pp. 289–302, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, no. January. 2018.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Satu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
N. Y. Torres-Soto, V. Corral-Verdugo, and N. S. Corral-Frías, “The relationship between self-care, positive family environment, and human wellbeing,” Wellbeing, Space and Society, vol. 3, 2022, doi: 10.1016/j.wss.2022.100076.
R. Riska, A. Azis, and T. Tarman, “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sosial Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 389–401, 2024, doi: 10.51574/jrip.v4i1.1405.
Habibi Irham, “Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan,” Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, vol. 11, no. 1, pp. 16–23, 2023, doi: 10.23887/jiku.v11i1.56601.
T. Ginzburg and M. Barak, “Technology-Enhanced Learning and Its Association with Motivation to Learn Science from a Cross-Cultural Perspective,” J Sci Educ Technol, vol. 32, no. 4, 2023, doi: 10.1007/s10956-023-10048-x.
Bikkhu Dhammadhiro, Pustaka Dhammapada Pali Indonesia, vol. 13, no. 1. Tangerang: Sammasayambhu, 2005.
Refbacks
- There are currently no refbacks.