Mourtos’s Problem Solving Skills: A View Based on Gender
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Wijaya, E.Y., Dwi, A.S., Amat, N. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Malang, 263-278.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah. Jakata: Permendikbud.
National Education Association. 2010. Preparing 21st Century Student For A Global Society: An Educator’s Guide To The “Four Cs”, www.nea.org › assets › docs › A-Guide-to-Four-Cs.
Cahyani, H., Ririn.W.S. 2016. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X, 151-160.
Jauhari, A., Audi, S. 2010. Pengaruh Pembelajaran Pemecahan Masalah Secara Kelompok Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika FMIPA, Vol: 1 (15), 13-17.
Syafii, W., Ruhizan, M. Y. 2013. Problem Solving Skills And Learning Achievement Through Problem-Based Module In Teaching And Learning Biology In High School. Journal of Asian Social Science, Vol: 9(12), 220-228.
Suryawati, E., Kamisah, O., T. Subahan, M.M. 2010. The Effectiviness Of RANGKA Contextual Teaching And Learning On Students Problem Solving Skill And Scientific Attitude. Procedia Social and Behavioral Science, 1717-1721.
Hollingworth, R. W., Catherine, M. (2001). Developing Science Students’ Metacognitive Problem Solving Skill Online. Australian Journal of Education Technology, Vol: 17(1): 50-63.
Ibda, H. 2018. Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Research and Thought of Islamic Education, Vol: 1(1): 1-21.
Branch, J., Dianne, O. 2004. Focus on inquiry: a teacher’s guide to implementing inquiry-based learning. Canada: Alberta Learning.
Ge, X., Susan, L. 2004. A Conceptual Framwork For Scaffolding Iii-Structured Problem-Solving Processes Using Question Prompts And Peer Interactions. Jurnal ETR&D, Vol: 52(2): 1042-1629.
Febriyanti, C., Ari, I. 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol: 6(1): 31-41.
Mahanal, S. 2019. Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, Vol: 3(2): 51-73.
Novitasari, N., Murni, R., Maridi. 2015. Mengukur Problem Solving Skills Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Biologi Edukasi, Vol: 7 (1): 1-6.
Redhana, I.W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol: 13(1): 2239-2253.
Mourtos, N.J., N. Dejong, Okamoto., J, Rhee. 2004. Defining, Teaching, And Assesssing Problem Solving Skills. UICEE Annual Conference On Enginnering Education, http://www.sjsu.edu/people/nikos.mourtos/docs/UICEE%2004%20Mumbai.pdf.
Odom, A.L., Bell, C, V. 2011. Distinguishing Among Declarative, Descriptive And Causal Questions To Guide Fiels Investigation And Student Assesment. Journal of Biological Education, Vol: 45(4): 222-228.
Morris, L.L., Gibbon, C.T.F. 1986. How To Measure Achievement. London: Sage Publicity.
Ruseffendi, E. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinyadalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Fitria, N. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Edumatica, Vol 8(1): 49-57.
Indri, H. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau Dari Gender. Jurnal Numeracy, Vol 5(4): 19-28.
Buranda, M.S., Martin, B. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Lingkaran Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol 1(1): 33-40.
Hardy., Bambang, H., Mahdi, R. 2015. Pengaruh Gender dan Strategi Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 4(9): 1-14.
Guiller, J., Ross, A., Durndell. 2005. The Role Of Gender In Peer-based Critical Thinking Task. Scotland: Department of Psychology.
Santrock, J.W. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.