Komparasi Keterserapan Kerja Lulusan SMK Kompetensi Keahlian TGB di DIY

Daniel Jesayanto Jaya, Taufik Wisnu Saputra, Putu Sudira, Mochamad Bruri Triyono, Sutarto Sutarto, Shilmi Arifah, Nuur Lailatur Rahmah, Arif Muhammad Yusuf, Septarani Krista Diella

Abstract


Era disrupsi saat ini menuntut individu untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja akan SDM berkualitas. SDM unggul merupakan aset utama perusahaan dan bangsa. Oleh karena itu, pembangunan ekonomi nasional harus direncanakan dengan baik untuk menyediakan lapangan pekerjaan. Indonesia menghadapi bonus demografi yang memerlukan perencanaan tepat agar menjadi keuntungan. Pemerintah mengeluarkan Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK untuk menghasilkan lulusan berkompeten dan siap kerja. Penelitian ini menganalisis keterserapan kerja lulusan SMK kompetensi keahlian TGB di DIY, dengan lokasi di SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 2 Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui survey, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan lulusan TGB SMK N 2 Depok terserap di lapangan kerja sebesar 78,18% pada 2018 dan 75,38% pada 2019. Lulusan SMK N 2 Kota Yogyakarta lebih banyak melanjutkan studi dan sedikit yang berwirausaha. Tingginya persentase alumni yang tidak mengisi tracer study menyulitkan pelacakan keterserapan alumni.

Keywords


Keterserapan Kerja Lulusan; SMK; Teknik Gambar Bangunan

rticle

References


Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.

Alias, M., Sofyan, H., & Triyono, M. B. (2020). Designing Industrial Internship Model to Improve the Skills of Prospective Vocational Teachers. Journal of Technical Education and Training, 12(1).

Badan Pusat Statistik. (2024). Berita Resmi Statistik: Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2024. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Daryanto, A. (2004). Keunggulan daya saing dan teknik identifikasi komoditas unggulan dalam mengembangkan potensi ekonomi regional.

Heryanah, H. (2015). AGEING POPULATION DAN BONUS DEMOGRAFI KEDUA DI INDONESIA. Populasi, 23(2), 1-16.

Klaus Schwab, W. E. (2019). The Global Competitiveness Report 2019. Genova: World Economic Forum.

Jaya, D. J., Yusuf , A. M., & Rahmah, N. L. (2023). Evaluasi Implementasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Sleman. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 25 - 34. https://doi.org/10.21009/JPI.061.04

Nursafitri, L., Sofyan, H., Muhtadi, A. (2020). Developing Constructivist-Based Blended Learning Model to Increase Critical Thinking Skills. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(06), 4832 - 4840. Retrieved from http://www.sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/19407

Perdana. S., Novrian. (2019). Analisis Permintaan dan Penawaran Lulusan SMK dalam Pemenuhan Pasar Tenaga Kerja. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). 172-181.

Republik Indonesia (2016). Instruksi Presiden Republik Indonesia No 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Roseno, I., & Wibowo, U. B. (2019). Efisiensi eksternal pendidikan kejuruan di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 15-24.

Slamet PH, Priyanto, Hanafi, I., Surjono, H. D., Suhendar. (2020). The Cluster-Based Skills Passport Assessment Model to Improve the Effectiveness of Electrical Power Installation Competency Certification in Indonesian Vocational School. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(1), 11 - 17. Retrieved from http://www.sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/2974

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran problem based learning dalam implementasi kurikulum 2013 Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260-271.

Komariah, K., Sofyan, H. , Mahfud, T., Pardjono. (2020). Work-based Learning Model and Its Urgency in Preparing Culinary Art Education Graduates. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(3), 2119 - 2128. Retrieved from http://www.sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/4211

Subandowo, M. (2017). Peradaban dan Produktivitas dalam Perspektif Bonus Demografi serta Generasi Y dan Z. SOSIOHUMANIKA, 10(2), 191-208.

Sudira, Putu. (2018). Pembelajaran Vokasional Abad XXI: Inovasi Teori dan Praksis. Yogyakarta: UNY Press.

Sudira, P., Santoso, D., Waluyanti, S., and Utami, P. (2020). Model of Vocational Teachers (Audio Video Engineering) Efforts to Support Graduates’ Work Readiness. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(1), 815 - 827. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/3551

Sukardi. (2019). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta.

Susilo, Y. (2012). Strategi meningkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi implementasi CAFTA dan MEA. Buletin Ekonomi.

Tambunan, T. (2007, December). Daya saing Indonesia dalam menarik investasi asing. In Seminar Bank Indonesia (Vol. 19).




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v10i1.94394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.