PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMODERASI PENGARUH SALES PROMOTION, ADVERTISIG DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENBUNG

Tutty Alawiyah, Mochlasin Mochlasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales promotion, advertising dan religiusitas terhadap keputusan menabung di bank syariah dengan kepercayaan sebagai variabel moderating pada Bank syariah Indonesia KC Kudus. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengelola data primer dengan pengumpulan data kuesioner yang diberikaan kepada nasabah Bank syariah Indonesia KC Kudus dengan jumlah responden 100 nasabah yang diolah dengan menggunakan data SPSS versi 24 dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan analisis yang digunakan meliputi uji responden, uji instrument, uji asumsi klasik dan uji moderating. Berdasarkan hasil uji penelitian yang dilakukan yaitu: variabel sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. variabel advertising memiliki hasil yang negarif tidak signifikan terhadap keputusan menabung, dan variabel religiusitas memiliki hasil yang positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. dan terdapat variabel moderating untuk memperkuat atau memperlemah variabel yang di uji. Kepercayaan dapat memperkuat adanya pengaruh sales promotion terhadap keputusan menabung, kepercayaan memperlemah hubungan advertising terhadap keputusan menabung, dan kepercayaan dapat memperkuat adanya hubungan religiusitas terhadap keputusan menabung.

Keywords

Kepercayaan Sales Promotion; Advertising dan Religiusitas; Keputusan Menabung

Full Text:

PDF

References

Alma, B. (2009). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa edisi Revisi. Cetakan Kelima. CV. Alfabeta. Bandung.

Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2018). Konsep

Pemasaran Agribisnis : Pendekatan Ekonomi Dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5(2), 151. https://doi.org/10.29244/jai.2017.5.2.151-172

Bawono, A., & Oktaviani, M. F. R. (2016). Analisis Pemahaman, Produk, dan Tingkat Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa IAIN Menjadi Nasabah Bank Syariah Cabang Salatiga. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(1), 29. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v7i1.29-53

Dewi, Y. A. (2006). Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian dan repurchase melalui trial pada Sogo Department Store di Kota Surabaya. 1–6.

Firmansyah, A. (2019). No Title. In Pemasaran (Konsep dan Dasar) (pp. 11–13). Qiara Media.

Hamid, A., Sumarni, M., & Purwaliani, R. (2017). Peran Iklan Dalam Meningkatkan Minat Menabung Masyarakat Pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Langsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1689–1699.

Heridiansyah, J. (2012). Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas ABC. Jurnal STIE Semarang, 4(2), 53–73.

Khotimah, N. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 05(01), 37–48. jurnal.untag-

sby.ac.id/index.php/jmm17/article/download/1712/1450

Mujaddid, F., & Nugroho, P. T. A. (2019). Pengaruh pengetahuan, reputasi, lingkungan dan religiusitas terhadap minat pelajar Sekolah Menengah Kejuruan prodi perbankan Syariah dalam menabung di bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 14–37.

Njoto, D. P., & Sienatra, K. B. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wenak Tok. Pengaruh Harga Diskon Dan Persepsi Produk Terhadap Nilai Belanja Serta Perilaku Pembelian Konsumen, 7(9), 27–44.

Razati, G. (2008). PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA KARTU KREDIT BNI (Survei Pada Dosen FPIPS UPI Pengguna Kartu kredit BNI’46). Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 8(2), 16. https://doi.org/10.17509/strategic.v8i2.1017

Sari, D. P., Pradhana, C. A., & Widharto, Y. (2018). Analisis Pengaruh Advertising Dan Sales Promotion Terhadap Dimensi Brand Equity Pada Produk Pelumas Mobil Fastron. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(2), 841–854. https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2412

Setyorini, A. P., & Ratno, F. A. (2020). Pengaruh Promotional Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 83–92. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i2.9045

Suprihati, & Utami, W. B. (2015). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Di Kelurahan Gonilan Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Paradigma, 13(01), 108.

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping

Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144–154. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.457

Yuvita, Heni, Wria, S. Z. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Survei Terhadap Nasabah Bank Bni Syariah

Di Kota Palembang). Mix Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 431. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i3.004

Zahara, R. (2019). Pengaruh sales promotion terhadap impulse buying konsumen. Jurnal

Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 39–44. https://doi.org/10.36407/jmsab.v2i1.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.