Manajemen Pemasaran Melon (Cucumis melo L.) di PT Indigen Karya Unggul Yogyakarta

Lia Alfiana, Rizki Puspita Dewanti

Abstract

Budidaya melon dan sayur saat ini terus berkembang dengan teknologi yang semakin canggih seperti budidaya melon secara hidroponik dengan sistem floating raft (rakit apung). PT Indigen Karya Unggul merupakan salah satu perusahaan yang mampu menghasilkan produk pertanian dengan kualitas dan kuantitas yang unggul dengan sistem budidaya tersebut. Produk-produk hasil budidaya tersebut kemudian dipasarkan, pada pemasaran ini diperlukan manajemen pemasaran untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya sehingga dapat menentukan peluang dan mengurangi ancaman. Kegiatan kajian yang dilakukan oleh mahasiswa UNS di PT Indigen Karya Unggul bertujuan untuk mengetahui proses budidaya dan manajemen pemasaran melon. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, praktik lapang, wawancara, dan studi Pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik budidaya melon hidroponik ini menggunakan sistem rakit apung (floating raft) dengan jenis melon meliputi melon hikapel, melon inthanon, melon golden salza, dan melon honey globe. Manajemen pemasaran melon hidroponik di PT Indigen Karya Unggul diawali dengan perencanaan pemasaran melon oleh Chief Marketing Officer. Pemasaran melon dilakukan dengan sistem online dan offline. Melon ini sendiri dibagi menjadi 3 grade yang kemudian untuk segmentasi pemasaran dan target pemasaran dibedakan antara low people dan middle to high people. Apabila penjualan melon tidak sesuai target, maka perusahaan akan mengurangi pembelian melon dari mitra dan melakukan penjualan melon dengan strategi baru seperti memperbanyak tim atau membuka market baru.

Keywords

manajemen pemasaran; melon; sistem rakit apung

Full Text:

PDF

References

Aditiya, V. (n.d.). The Implementation of Product Marketing Strategy of PT. Asuransi Umum Bumi Putera Muda 1967 at Dumai Branch.

Fadhlillah, R. H., Dwiratna, S., & Amaru, K. (2019). Performance of floating raft fertigation system on water spinach plants (Ipomea reptans Poir.) cultivation. Jurnal Online PERTANIAN TROPIK, 6(2), 165–179.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Furoidah, N. (2018). Efektivitas nutrisi Ab Mix terhadap hasil dua varietas melon. Agritrop: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian (Journal of Agricultural Science), 16(1), 186–196.

Layyina, N., Muspiah, A., & Julisaniah, N. I. (2022). Pengaruh Zeolit pada media tanam terhadap penyerapan POC secara hidroponik sistem Brassica juncea L. Samota Journal of Biological Sciences, 1(1), 11–18.

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27–34.

Nugraha, R. U. 2014. Sumber Hara Sebagai Pengganti AB mix Pada Budidaya Sayuran Daun Secara Hidroponik Laboratorium Sumberdaya Lahan Universitas Pembangunan Nasional Surabaya.

Nurngaeni, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Pada Home Industry Subama Batik Kroya-Cilacap). AmaNU: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 4(2), 192–202.

Pramesti, K. N., Wiyono, S. N., Karyani, T., & Pardian, P. (2020). ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU ROCKWOOL PADA USAHA HIDROPONIK (Studi Kasus di Nabila Farm, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat). Mimbar Agribisnis, 6(2), 724–739.

Prayoga, A., Tawakal, H. A., & Aldiansyah, R. (2018). Pengembangan metode deteksi tingkat kematangan buah melon berdasarkan tekstur kulit buah dengan menggunakan metode ekstraksi ciri statistik dan support vector machine (SVM). Jurnal Teknologi Terpadu, 4(1).

Selang, C. A. D. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Sukmayadi. 2019. Kebijakan Penetapan Harga Pada PT. Atrindo Asia Global Bandung. J. Ilmiah Manajemen. Vol 10(2): 103-108.

Ula, R. (2020). Marketing Strategy Analysis and Product Innovation making added Value Bitter Melon. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 18(1), 107–115.

Wibowo, A. T. (2020). Pengaruh Perbedaan Penggunaan Cocopeat Terhadap Hasil Melon (cucumis melo l.) Honey Globe Dengan Sistem Hidroponik Irigasi Tetes. Politeknik Negeri Jember.

Yanik, Y., Sugiharto, A. N., & Respatijarti, R. (n.d.). Pengaruh Waktu Polinasi dan Umur Polen terhadap Hasil Benih Terong Hijau (Solanum Melongena L.) Hibrida. Brawijaya University.

Yanuarta, D. E., Bintoro, M., & Sulityono, N. B. E. (2017). Efektifitas Beberapa Paket Pupuk dan Umur Panen Buah Terhadap Produksi dan Mutu Benih Melon (Cucumis melo L.).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.