Bauran Pemasaran Tanaman Hias Miana di Agroedukasi Caping Merapi Sleman

Kartika Endah Puspita, Setyowati Setyowati

Abstract

Konsumen dalam memantapkan keputusan pembelian suatu produk, terlebih dahulu akan mempertimbangkan berbagai informasi yang mereka terima sebelumnya termasuk bauran pemasaran. Bauran pemasaran menjadi salah satu elemen penting dalam keberhasilan suatu usaha karena memiliki pengaruh dalam memasarkan produk. Dengan mengetahui product, price, promotion, place, people, physical evidence serta process ini, diharapkan suatu usaha dapat memiliki strategi yang tepat sehingga mampu meningkatkan pembelian terhadap produknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui keadaan umum Agroedukasi Caping Merapi, (2) menganalisis bauran pemasaran yang dilakukan oleh Agroedukasi Caping Merapi. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada 18 Januari – 22 Februari 2022. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive di Agroedukasi Caping Merapi. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari pembimbing lapang dan pihak di setiap divisi. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, pencatatan dokumen, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Agroedukasi Caping Merapi merupakan perusahaan yang hadir sebagai bentuk dedikasi terhadap dunia pertanian Indonesia dalam sisi menyejahterakan petani dan memanfaatkan potensi besar produk pertanian dunia yang berlokasi di D.I. Yogyakarta. Bauran pemasaran tanaman hias miana telah dilakukan oleh Agroedukasi Caping Merapi dengan baik meskipun masih terdapat beberapa kekurangan dalam hal promotion, people, dan physical evidence.

Keywords

konsumen; physical evidence; process

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.