Upaya Peningkatan Potensi UMKM Coklatin Melalui Kegiatan Pemasaran di Lawu Park, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Aditya Ramadan Nur Hidayah, Aksel Pangestu Fitramadani Mokora, Denny Fauzi Arya Nugraha, Infitakhu Amalia, Lina Fitriyani, Nabila Azka Putri, Nur Mei Azizah, Nurdiana Nurdiana, Sabhna Aulia Salsabilla, Sekar Adi Wijayanti, Erlyna Wida Riptanti

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Coklatin merupakan salah satu usaha mikro yang bergerak pada bidang olahan di Kabupaten Karanganyar dengan produk bernama Coklatin. Salah satu faktor penting untuk mencapai keberhasilan bisnis di masa sekarang adalah dengan strategi pemasaran yang tepat. UMKM Coklatin belum memaksimalkan kegiatan pemasarannya. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 190 Universitas Sebelas Maret melakukan kegiatan untuk membantu mengembangkan UMKM Coklatin. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi UMKM Coklatin melalui kegiatan pemasaran secara langsung kepada pengunjung tempat wisata Lawu Park yang berada di Tawangmangu. Metode pelaksanaan kegiatan dengan cara pemasaran secara offline di Lawu Park untuk menarik minat pengunjung dengan menawarkan harga Coklatin menjadi lebih murah apabila dibandingkan dengan harga normal di pasaran atau strategi cost leadership. Hasil yang diperoleh yaitu adanya respons positif dari para pengunjung tempat wisata. Kegiatan pemasaran di tempat wisata juga mempermudah UMKM dalam memperluas jangkauan pemasarannya dan meningkatkan pendapatan UMKM. Pendapatan yang diperoleh cenderung fluktuatif karena dipengaruhi oleh jumlah pengunjung yang membeli produk Coklatin. Perlu adanya keberlanjutan oleh pemilik UMKM dari kegiatan pemasaran produk di tempat wisata sebagai salah satu upaya peningkatan pendapatan dan pengembangan usaha.

Keywords

coklatin; kuliah kerja nyata; pemasaran

Full Text:

PDF

References

Dharmayanti, D. (2006). Analisa sensitivitas respon konsumen terhadap ekstensifikasi merek brand extension pada margarine merek Filma di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 65–73. https://doi.org/10.9744/pemasaran.1.2.

Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277–286. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.265

Firmansyah, K., Fadhli, K., Noviandy, I. A., & Rini, S. (2020). Pengenalan Media sosial dan e-commerce sebagai media pemasaran serta pengemasan frozen food. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 43–48. Tersedia dari https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1036

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap pendapatan nasional pada sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135. https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45

Nugroho, R. S. A., & Iswandi, I. (2023). Praktik jual beli makanan sushi dengan sistem konsinyasi perspektif hukum positif dan hukum islam (Studi kasus di Rumah Produksi Sushi in Kecamatan Larangan Kota Tangerang). Journal on Education, 5(4), 14156–14163. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2437

Oktaviani, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Gusfiani, A., & Ramdani, D. (2018). Penguatan produk UMKM “ Calief ” melalui strategi branding komunikasi. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 348–354. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3722

Pramono, G. V., & Wibowo, D. H. (2020). Hubungan self monitoring dengan impulsive buying terhadap produk fesyen pada mahasiswi rantau. Jurnal Psikologi Perseptual, 4(2), 103. https://doi.org/10.24176/perseptual.v4i2.3702

Pusparani, P. A. Y., & Rastini, N. M. (2014). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas pelanggan kamera canon digital single lens reflex (dslr) di Kota Denpasar. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 03(05), 1311–1319. Tersedia dari http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1370387&val=989&title=PENGARUH%20KUALITAS%20PRODUK%20DAN%20BRAND%20IMAGE%20TERHADAP%20KEPUASAN%20KONSUMEN%20DAN%20LOYALITAS%20PELANGGAN%20KAMERA%20CANON%20DIGITAL%20SINGLE%20LENS%20REFLEX%20DSLR%20DI%20KOTA%20DENPASAR

Putra, A. H., Said, S., & Hasan, S. (2017). Pengaruh karakteristik toko dan produk bagi konsumen. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 5(2), 8–19. https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i2.1640

Septyaningrum, A., & Handayani, A. (2022). Cost leadership pada penurunan pendapatan saat pandemi. Proceeding Umsurabaya, 1(1), 492–499. Tersedia dari https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/12783

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51–58. https://doi.org/10.30606/cano.v6i1.627

Suherman, E. (2019). Pemanfaatan buah tin untuk perekonomian dan kesehatan. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 6–14. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.575

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM melalui digital marketing untuk membantu pemasaran produk pada masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602

Tarmizi, A. (2018). Strategi pemasaran UMKM: Literature review. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 191–198. Tersedia dari http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB

Utami, R. Z. M., Sugihantoro, D., Moses, F. P., Wicaksono, H. D., Rizka, M. N., Antoni, T., ... & Winarno, B. (2022). Promosi pariwisata dan produk UMKM Kecamatan Tawangmangu berbasis video digital. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 59–65. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.