Preferensi Konsumen terhadap Buah Salak (Salacca edulis) di Pasar Tradisional Kabupaten Sleman
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atribut-atribut apa saja yang menjadi preferensi konsumen di pasar tradisional Kabupaten Sleman dan atribut apa yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pembelian buah salak di pasar tradisional. Metode dasar dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dan analisis. Lokasi penelitian diambil secara sengaja (purposive) dan pengambilan sampel dilakukan secara judgement sampling. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis Chi Square dan Multiatribut Fishbein. Hasil dari analisis Chi Square menunjukkan bahwa atribut buah salak yang disukai konsumen adalah rasa manis, warna kulit hitam kecokelatan, tekstur daging halus, dan ukuran buah yang sedang. Berdasarkan hasil dari analisis Multiatribut Fishbein diketahui bahwa atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam membeli buah salak di pasar tradisional adalah atribut rasa. Sedangkan atribut yang menjadi pertimbangan secara berturut-turut dari yang terpenting adalah rasa, tekstur daging buah, warna kulit buah dan ukuran buah salak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djarwanto, P. S., & Subagyo, P. (1994). Statistik induktif. Yogyakarta: BPFE.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga.
Nurlaeny, N., Saribun, D. S., & Hudaya, R. (2012). Pengaruh kombinasi abu vulkanik merapi, pupuk organik, dan tanah mineral terhadap sifat fisiko-kimia media tanam serta pertumbuhan tanaman jagung (Zea mays L.). Jurnal Ilmu-Ilmu Hayati dan Fisik, 4(3), 184–191.
Pitaloka, D. (2017). Hortikultura: Potensi, pengembangan dan tantangan. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.33379/gtech.v1i1.260
Priyanto, A., & Widiatmi, S. (2018). Analisis pemasaran salak pondoh (Salacca edulis) di Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Ilmiah Agritas, 2(1), 43–52. Tersedia https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/agritas/article/view/4289
Shoji, S., & Takahashi, T. (2002). Environmental and agricultural significance of volcanic ash soils. Global Environmental Research-English Edition-, 6(2), 113–135.
Supranto, J. (1974). Metode riset dan aplikasinya di dalam riset pemasaran. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.Refbacks
- There are currently no refbacks.