HUBUNGAN INTELIGENSI DENGAN FUNGSI EKSEKUTIF PADA ANAK GIFTED
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara inteligensi dengan fungsi eksekutif pada anak gifted. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional dengan Spearman sebagai teknik analisa data. Partisipan penelitian merupakan siswa kelas unggulan yang bersekolah di salah satu sekolah swasta di kota Semarang, mempunyai IQ di atas 130, dan berusia 13-15 tahun. Pengumpulan data variabel inteligensi adalah dengan Culture Fair Intelligence Test (CFIT) dan fungsi eksekutif menggunakan alat tes neuropsikologi. Hasil penelitian adalah secara umum, inteligensi tidak berhubungan signifikan dengan fungsi eksekutif pada anak gifted. Inteligensi berhubungan dengan dua domain fungsi eksekutif, yaitu inhibisi dan memori kerja namun tidak berhubungan dengan fleksibilitas kognitif.
Keywords
Fungsi eksekutif, gifted, inteligensi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.20961/jip.v6i2.56773
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Reneng Ayomi
We would like to thank the following organizations for their support :
Faculty of Psychology, Universitas Sebelas Maret
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
rganiza