Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PENULIS
Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan dan data yang akurat dari hasil penelitian. Artikel hasil penelitian tersebut harus memuat informasi detail dan referensi yang cukup. Penipuan terhadap isi dari suatu naskah secara disengaja merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Keaslian dan Kemiripan

Para penulis harus memastikan keaslian karya tulisnya dan memberikan informasi/sumber yang jelas jika menggunakan kutipan. Penulis tidak diperkenankan untuk melakukan publikasi naskah penelitiannya di lebih dari satu jurnal karena mengirimkan naskah yang sama pada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pemeriksaan Referensi

Pengakuan yang tepat dari karya pihak lain harus selalu disertakan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah digunakan untuk mendasari pembuatan dari suatu karya ilmiahnya.

Penentuan Urutan Penulisan

Nama yang dicantumkan sebagai penulis naskah terbatas pada pihak yang memiliki kontribusi signifikan dalam perumusan ide dasar, desain penelitian, pelaksanaan penelitian atau interpretasi temuan penelitian. Sebaliknya, semua nama yang berkontribusi dalam proses tersebut harus dimasukkan sebagai penulis naskah. Apabila ada nama lain yang berpartisipasi dalam sebagian aspek yang substantif dalam penelitian, mereka dapat disebutkan dalam ucapan terimakasih. Penulis koresponden wajib memastikan bahwa semua orang yang berkontribusi dalam penelitian dicantumkan sebagai penulis, semua penulis telah membaca dan memberikan persetujuan pada naskah versi final, serta menyetujui publikasi naskah.

Keterbukaan dan Potensi terjadinya konflik kepentingan

Semua penulis wajib menyatakan secara eksplisit dalam naskahnya apabila mereka memiliki hubungan dengan pihak lain yang berpotensi membuat mereka terlibat konflik kepentingan, yang berpotensi untuk mempengaruhi cara mereka menyajikan dan menginterpretasikan data penelitian. Semua sponsor, baik perseorangan atau lembaga, yang membiayai penelitian harus disebutkan dalam naskah.


Kesalahan fatal dalam Naskah yang sudah terbit

Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan dalam naskah yang diterbitkan, penulis diharapkan memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan dewan editorial untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah tersebut

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.