IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS X DI SMA PENGGERAK SURAKARTA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aslan, (2019). Hidden Curriculum. CV Pena Indis: Sulawesi Selatan.
Astari, T. (2022). Pengembangan Buku Teks dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Madako Elementary School. 1(2).
Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Glatthorn dkk. (2019).Curriculum Leadership (5th Ed). Amerika: Diggs Publication Services
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Jurnal Alfalah. XVII(32).
Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial dan Pengayaan melalui Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EduMa. 4(1)
Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3(1).
Kochhar, S. (2008). Pembelajaran Sejarah: Teaching of History. Jakarta: Grasindo.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 5(2).
Nursobah, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Pamekasan: Duta Media Publising.
Rahayu dkk. (2021). Hambatan Guru Sekolah Dasar dalam Melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak dari Sisi Manajeman Waktu dan Ruang di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3), 5759-5768.
Ridwansah, D. (2021). Hanya Ganti Nama, Kurikulum Merdeka Sama seperti Kurikulum Prototipe. JAWAPOS. Diakses pada 15 Februari 2022 dari www.jawapos.com/nasional/pendidikan/13/02/2022/hanya-ganti-nama- kurikulum-merdeka-sama-seperti-kurikulum-prototipe/
Sanjaya, W. 2006. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media.
Sarinah. (2015). Pengantar Kurikulum. Yogyakarta: Deepublish.
Sirnawati, M. (2018). Pengaruh Perkembangan Sikap Siswa beserta Permasalahannya terhadap Hasil Belajar Biologi. Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek. III.
Siswoyo dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Suwarno dan Aeni. (2021). Pentingnya Rubrik Penilaian dalam Pengukuran Kejujuran Peserta didik. Jurnal Pendidikan.19(1).
Syafawi. (2019). Pembelajaran Terstruktur dengan Pemberian Tugas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tema II Muatan IPS pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai. 3(5).
Wening, S. (2012). Pemanfaatan Umpan Balik untuk Peningkatan Hasil Belajar dalam Pendidikan Kejuruan. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin.
Widja, I. (1989). Dasar-dasar Pengembangan Strategi serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.
Yin, R. (2012). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Press.