Pembelajaran Sejarah Naratif-Dekonstruktif: Suatu Kajian Konseptual Awal

Djono Djono, Hermanu Joebagio, Nur Fatah Abidin

Abstract

Pembelajaran sejarah dalam era global dan krisis multidimensional dituntut untuk menghasilkan individu transformatif dengan keahlian menyibak false consciousness, menemukan solusi, serta membangun sistem dan struktur yang lebih baik. Tulisan ini merumuskan kerangka konseptual pembelajaran sejarah dekonstruktif sebagai respon dalam menghadapi permasalahan tersebut. Penelitian ini menghasilkan kerangka konseptual pembelajaran sejarah naratif-dekonstruktif yang terdiri tiga tahap: (1) investigasi, identifikasi dan pemahaman masalah; (2) dekonstruksi obyek, struktur, nilai atau masalah melalui pendekatan genealogis; (3) rekonstruksi dan artikulasi dengan mengadopsi nilai-nilai historis dan kultural untuk membentuk makna, sistem ataupun struktur yang lebih baik di masa depan.

Keywords

pembelajaran sejarah, problem and value-based learning, dekonstruksi

Full Text:

XML PDF

References

Abidin, N.F. Hermanu Joebagio dan Sariyatun, “Penilaian Pembelajaran Sejarah Konstruktivistik: Pendekatan Critical Discourse Analysis”, Yupa Historical Studies Journal, Vol 1, No. 1, 2017, hlm. 15-25

Barton, Keith C. dan Linda S. Levstik. (2004). Teaching History for The Common Good. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher

Bourdieu, Pierre. (1990). The Logic of Practice. Cambridge: Polity Press

Bruner, J.S. (1973). The Relevance of Education. New York: The Norton Library

Burke, Peter. (2003). Sejarah dan Teori Sosial.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Callinicos, Alex. (2004). Making History: Agency, Structure and Change in Social Theory. Leiden-Boston: Brill

Caputo, John D. (1997). Deconstruction in a Nutshell: a Conversation with Jacques Derrida. New York: Fordham University Press

Capra, Fritjof. (2014). Titik Balik Peradaban. Yogyakarta: Pustaka Promethea

Christine J. Villani and Douglas Atkins. ‘Community-Based Education’ dalam School Community Journal, Vol. 10, No. 1, Spring/Summer 2000

Fairclough, Norman. (1993). Discourse and Social Change. Cambridge: Polity Press

Fairclough, Norman. (2003). Language and Power: Relasi Bahasa, Kekuasaan dan Ideologi. Malang: Bovan Publishing

Fischer, David H. (1970). Toward a Logic of Historian Thought. London: Harper Calophon Books

Giddens, Anthony. (1984). The Constitutional Social of The Theory of Structuration. Berkeley: University California Press

Gredler, Margaret E. (2011). Learning & Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada

Gottschalk, Louis. (2008). Mengerti Sejarah. Jakarta: UI Press

Illeris, Knud. (2011). Contemporary Theories of Learning: Teori-teori Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Nusa Media

Jorgensen, Mariane W dan Louise J. Philips. (2010). Analisis Wacana: Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kendall, Gavin dan Gary Wickham. (2003). Using Foucault`s Methods. London: Sage Publisher

Koutsoukis, David. (2009). Teaching Values Toolkit. Prim-Ed Publisher

Kochhar, S.K. (2008). Teaching of History. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Kuntowijoyo. (2008). Penjelasan Sejarah: Historical Explanation. Yogyakarta: Tiara Wacana

Lubis, Akhyar Yusuf. (2014). Postmodernisme: Teori dan Metode. Jakarta: Rajawali Press

Mac Naughton, Glenda. (2005). Doing Foucault in Early Childhood Studies: Applying Poststructuralis Ideas. Londong & New York: Routledge

Palmer, Richard E. (2005). Hermeneutika: Teori Baru Mengenai Interpretasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Phillips, Ian. (2008). Teaching History: Developing as a Reflective Secondary Teacher. Los Angles: Sage Publisher

Rowse, A.L. (2014). Apa Guna Sejarah?. Jakarta: Komunitas Bambu

Savin-Baden, Maggi dan Kay Wilkie. (2004). Challenging Research in Problem Based Learning. Glasgow: Bell & Bain Ltd

Schunk, Dale H. (2012). Learning Theories: an Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Soekanto, Soerjono. (2012). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press

Tan, Oon-Seng. (2004). Enhancing Thinking through Problem-based Learning Approaches: International Perspctives. Singapore: Cengage Learning

Tilaar, H.A.R . (2015). Pedagogik Teoretis untuk Indonesia. Jakarta: Penerbit Kompas

Walshaw, Margaret. (2007). Working with Foucault in Education. Rotterdam: Sense Publisher

Hansson, Sven Ove. (2004). The Structure of Values and Norms. Cambridge: Cambridge University Press

Wertheim, W.F. (2009). Elite vs Massa. Yogyakarta: Resist Book